Visi dan Misi

Dalam Renstra DP2K Kota Medan Tahun 2011 – 2015, sejalan dengan tupoksinya, visi DP2K Kota Medan adalah “Terwujudnya kota Medan yang Sigap Mencegah dan Mengatasi Kebakaran serta Bencana lainnya” atau disingkat ”Medan Siaga Bencana”,

Visi di atas mengandung pengertian sebagai berikut:

MEDAN, menggambarkan keseluruhan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta/perusahaan serta komponen-komponen lainnya yang ada di Kota Medan (stakeholders).

SIAGABENCANA, berarti selalu siap sedia dan sigap untuk menghadapi bencana, baik kebakaran atau bencana alam lainnya, serta selalu melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana.

Visi tersebut menggambarkan adanya tuntutan untuk bersikap profesional dari seluruh jajaran yang ada di DP2K Kota Medan dalam menjalankan tugasnya, serta perlunya partisipasi seluruh komponen yang ada di kota Medan baik masyarakat, instansi pemerintah, swasta, dan lain-lain.

Untuk mewujudkan visi tersebut ditetapkan beberapa misi yaitu :

  1. Mendorong partisipasi masyarakat dan swasta serta pihak kelurahan dan kecamatan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana

Misi ini didasari oleh kenyataan bahwa melakukan pencegahan jauh lebih baik daripada melakukan perbaikan/recovery. Untuk dapat melakukan pencegahan maka partisipasi semua pihak (masyarakat, swasta serta instansi lainnya) merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi. Berkaitan dengan itu, DP2K akan menjalankan misi untuk mendorong munculnya partisipasi dari masyarakat dan swasta dalam melakukan pencegahan terjadinya bencana.

Selain itu, didasari oleh kenyataan bahwa pada setiap terjadi bencana, baik kebakaran atau bencana lainnya, terlihat bahwa masyarakat dan perangkat pemerintahan yang ada belum siap menghadapi sekaligus melakukan langkah-langkah penanganan.

Sementara itu keterbatasan yang dimiliki oleh DP2K dalam menghadapi terjadinya bencana juga merupakan hal yang melandasi perlunya dilakukan pemberdayaan terhadap kelurahan dan kecamatan dalam menghadapi bencana.

  1. 2.    Meningkatkan mutu layanan ke masyarakat

Peningkatan mutu layanan kepada masyarakat berarti bahwa seluruh jajaran yang ada di DP2K harus bersikap professional, tanggap dan sigap dalam menerima pengaduan terjadinya bencana, maupun permintaan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  1. 3.    Meningkatkan sarana dan prasarana alat pencegah dan pemadam kebakaran

Upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standard. Untuk itu, sarana dan prasarana yang saat ini dimiliki oleh DP2K Kota Medan perlu ditingkatkan sehingga mutu layanan dapat ditingkatkan.

  1. 4.    Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia

Mutu layanan yang baik juga dapat dicapai apabila Sumber Daya Manusia yang ada mencukupi baik dari segi jumlah dan keterampilan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan-pelatihan. Pelatihan-pelatihan ini harus bersifat rutin sehingga setiap petugas yang ada selalu mendapat penyegaran untuk menghadapi berbagai bencana dengan karakteristiknya masing-masing.

2.     Tujuan dan Sasaran

a.    Tujuan

TujuanUmum :

Terwujudnya masyarakat Kota Medan yang selalu siap sedia dan sigap dalam menghadapi bencana kebakaran dan bencana alam lainnya.

Tujuan Khusus :

  1. Meningkatkan kualitas keselamatan kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan
  2. Meningkatkan optimalisasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya
  3. Meningkatnya kemandirian dan partisipasi masyarakat dan dunia usaha  dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana
  4. Terpenuhinya standar waktu tanggap dan zona tanggap dalam penanggulangan bencana

b.    Sasaran

Berdasarkan pada tujuan yang telah dirumuskan, maka disusun sasaran yang ingin dicapai sebagai berikut:

 

Tujuan

Sasaran

  1. Meningkatkan kualitas keselamatan kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan

 

 

  1. Terwujudnya tingkat kenaikan frekwensi kebakaran yang relatif kecil
  2. Terwujudnya tingkat kenaikan jumlah korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang relatif kecil
  3. Terwujudnya tingkat kenaikan nilai kerugian dalam setiap peristiwa kebakaran yang relatif kecil
  4. Meningkatkan optimalisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya

 

  1. Terwujudnya tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan di bidang pencegahan dan pemadaman kebakaran yang tinggi
  2. Meningkatnya rasio frekwensi kebakaran skala kecil dan skala besar

 

 

Tujuan

Sasaran


  1. Meningkatkan optimalisasi pendayagunaan potensi masyarakat dan dunia usaha  dalam pencegahan dan penanggulangan bencana

 

  1. Meningkatnya peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran  dan bencana lainnya
  2. Tersusunnya program-program pencegahan kebakaran dan bencana lainnya di tingkat kelurahan, kecamatan kota dan lingkungan perusahaan-perusahaan
  3. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam membayar retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran
    1. Meningkatnya koordinasi dan integrasi antara berbagai pihak baik dari DP2K Kota Medan dan juga masyarakat sebagai pihak pendukung dalam meminimalisir baik kerugian material maupun korban jiwa
    2. Terciptanya sinkronisasi antara perencanaan dan pemanfaatan lahan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran
    3. Terpenuhinya standar waktu tanggap dan zona tanggap dalam penanggulangan kebakaran
    4. Tersedianya jalur akses mobil pemadam kebakaran sesuai standar
      1. Tersedianya sumber-sumber air pemadam kebakaran yang memadai, bebas hambatan dan dekat dengan area penanggulangan
   

 3.     Cara Mencapai Tujuan dan Sasaran

Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Kota Medan, diperlukan strategi yang merupakan rencana menyeluruh dan terpadu baik dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan yang dirancang dengan memperhatikan sumber daya yang dimiliki dan perubahan lingkungan yang dihadapi.

a.    Kebijakan yang Ditetapkan

  1. Peningkatan kualitas perencanaan
  2. Peningkatan akuntabilitas publik
  3. Peningkatan sarana dan prasarana
  4. Pemberdayaan kelurahan dan kecamatan untuk pencegahan dan penanggulangan bencana
  5. Pemberdayaan perusahaan-perusahaan untuk pencegahan dan penanggulangan bencana
  6. Peningkatan kualitas SDM
  7. Penambahan pegawai/petugas
  8. Peningkatan jaminan sosial dan kesejahteraan petugas
  9. Peningkatan pendapatan melalui retribusi
  10. Peningkatan kemitraan dengan pihak swasta dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bencana

 

ALAMAT

DINAS PENCEGAH PEMADAM KEBAKARAN KOTA MEDAN
Jl. Candi Borobudur No. 2 Medan 20112
Telp : (061) 113, 4515356 – fax : (061) 4157067&a

Email: dinas_p2k@pemkomedan.go.id,
Telp: (061) 113 - 4515356 – fax : (061) 4157067
Hari Kerja: Senin-Kamis, Jam Kerja: 7.30-16.00
Hari Kerja: Jumat, Jam Kerja: 7.30-15.30

STATISTIK PENGUNJUNG

Pengunjung Online : 1
Kunjungan hari ini : 36
total hits: 72197

Back to Top