dinas_p2k@pemkomedan.go.id +628116566113

Kebijakan Privasi :

Kebijakan Privasi


Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna aplikasi EDamkar Medan (selanjutnya disebut sebagai "Aplikasi"). 

Kebijakan Privasi ini menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pengiriman, pembukaan, penyimpanan, perubahan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada EDamkar Medan atau yang EDamkar Medan kumpulkan dari Pengguna.

Dengan mengklik “Daftar” (Register) atau pernyataan serupa yang tersedia di laman pendaftaran Aplikasi, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada EDamkar Medan untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi.

  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna
  2. Penggunaan Data Pribadi
  3. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna
  4. Pilihan Pengguna dan Transparansi
  5. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna
  6. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan
  7. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pribadi Pengguna 
  8. Hubungi Kami
  9. Penyimpanan, Permohonan Subjek Data dan Penghapusan Informasi
  10. Pembaruan Kebijakan Privasi

A. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna

EDamkar Medan mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses pengaduan Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:
    1. membuat atau memperbarui akun EDamkar Medan, termasuk diantaranya nama asli pengguna, nomor telepon, alamat, nomor identitas pengguna/nik, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
    2. membuat dan mengirimkan pengaduan, termasuk diantaranya lokasi riil melalui gps, alamat dan foto dari kamera telephone pengguna.
    3. menghubungi EDamkar Medan, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service) melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp ataupun melakukan panggilan emergency secara langsung;
    4. mempergunakan layanan-layanan pada Situs, termasuk data pengajuan yang detil, diantaranya status pengaduan, tim damkar yang dikirimkan ke lokasi pengaduan;
    5. menggunakan fitur pada Situs yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.
  2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geo-location;
    2. data perangkat berupa nomor unik perangkat yang diperolah dari penggunaan layanan Firebase untuk mengetahui perangkat berbeda yang digunakan oleh pengguna pada saat masuk atau pun melakukan registrasi; dan/atau
    3. data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya.
  3. Aplikasi EDamkar Medan tidak melakukan pengumpulan data pengguna dari pihak ketiga/sumber lain.

EDamkar Medan dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

B. Penggunaan Data Pribadi

EDamkar Medan dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, yaitu pengiriman pengaduan ke Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami.
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan EDamkar Medan, diantaranya untuk:
    1. memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    2. mendapatkan informasi terkait pengaduan yang dilakukan oleh pengguna; 
    3. mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan EDamkar Medan;
    4. menghubungi Pengguna telepon dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses pengaduan pengguna;
  4. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap pengaduan yang tidak benar atau mencurigakan yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi pengaduan tersebut.
  5. Dalam keadaan tertentu, EDamkar Medan mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan EDamkar Medan, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.

C. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

EDamkar Medan berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali EDamkar Medan dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali EDamkar Medan mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.

D. Pilihan Pengguna dan Transparansi

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi EDamkar Medan tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi EDamkar Medan pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.
  2. Setelah pengiriman pengaduan telah selesai ditangani oleh EDamkar Medan melalui Aplikasi, Pengguna memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian kepada layanan EDamkar pada pengaduan. Informasi ini hanya dapat dilihat oleh pengguna dan admin EDamkar Medan.
  3. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa nomor identitas penduduk/nik, nama pengguna, alamat dan akun sosial media melalui fitur pengaturan (settings) pada Aplikasi.
  4. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi EDamkar Medan untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan EDamkar Medan lainnya.

E. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna

  1. EDamkar Medan melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kode OTP (One Time Password) Pengguna.
  2. Walaupun EDamkar Medan telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, EDamkar Medan tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada EDamkar Medan oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.
  3. EDamkar Medan akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali EDamkar Medan apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

F. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan

EDamkar Medan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu EDamkar Medan secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali EDamkar Medan.

G. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna

  1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan EDamkar Medan terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi EDamkar Medan melalui layanan pelanggan EDamkar Medan atau kepada kontak EDamkar Medan yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
  2. EDamkar Medan akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.

H. Hubungi Kami

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan EDamkar Medan melalui laman https://p2k.pemkomedan.go.id/.

I. Penyimpanan, Permohonan Subjek Data dan Penghapusan Informasi

  1. EDamkar Medan akan menyimpan informasi selama akun Pengguna aktif sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Pengguna dapat melakukan permohonan penghapusan informasi Pengguna melalui email dinas_p2k@pemkomedan.go.id ataupun nomor telepon (061) 113 - 4515356.
  3. EDamkar Medan akan memproses permohonan subjek data sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. 

J. Pembaruan Kebijakan Privasi

EDamkar Medan dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kebijakan internal perusahaan. EDamkar Medan akan memberikan notifikasi kepada Pengguna dalam adanya perubahan dan/atau pembaruan dalam Kebijakan Privasi ini.


Lokasi Peta

logo-medan Pemerintah Kota Medan
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Medan

Pantang Pulang Sebelum Api Padam

Hubungi Kami
  • Phone :
    +628116566113
  • Email :
    dinas_p2k@pemkomedan.go.id
Lokasi Kami

Alamat : Jl. Candi Borobudur No. 2 Medan 20112

Follow us